Tunggu ...

Tetang Blog Iket Sunda

Iket Sunda adalah nama blog sekaligus toko online yang menyediakan produk-produk tradisional khas suku Sunda seperti Iket, Bendo, Pangsi, Kaneron, Salontreng, Carung, Jas Koko, dan Peci yang dapat dipesan secara online dengan URL http://iket-sunda.blogspot.com. Kami menerima pemesanan untuk parta besar, partai kecil, dan eceran (satuan).

Semua produk yang dijual di blog Iket Sunda adalah hasil karya kerajinan tangan manual (hand made) dengan memperdayakan sumber daya masyarakat. Kami tidak menyediakan stok khusus untuk setiap produk yang ditawarkan karena kami hanya akan membuat (memproduksi) sesuai dengan jumlah dan jenis barang yang dipesan.

Penjelasan singkat mengenai produk yang dijual di blog Iket Sunda:
  1. Iket adalah penutup kepala khas Sunda, oleh karena itu pengucapannya sering disatukan menjadi Iket Sunda. Orang Bali biasa menyebut iket dengan istilah Udeng, bentuknya mirip dengan iket Sunda tetapi sedikit berbeda dalam bentuk dan desainnya. Hal ini karena dipengaruhi kultur, histori, dan tradisi setempat. Iket di daerah Sunda sering disebut juga dengan istilah totopong.
  2. Bendo adalah penutup kepala yang biasa dikenakan oleh kaum pria. Umumnya bendo terbuat dari kain corak seperti batik. Istilah bendo dikenal di Jawa Barat khususnya suku Sunda sedangan di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali bendo dikenal dengan sebutan blangkon. Bentuk dan desain bendo/blangkon bervariasi dan dipengaruhi tradisi dan adat daerah masing-masing.
  3. Kaneron adalah istilah lain dari tas atau kantong namun dengan ciri khas suku Sunda. Meski bentuk kaneron ini cukup beragam tetapi ciri khas daerah Sundanya masih kental terlihat karena dibuat dari bahan-bahan alami dan natural.
  4. Pangsi adalah pakaian adat Sunda yang biasa dipakai kaum pria yang umumnya berwarna hitam-hitam. Bahan baku pangsi biasanya dari kain katun yang sengaja dibuat longgar. Pakaian tatar Sunda ini sering dipakai oleh para atlit silat yakni seni beladiri turun-temurun suku Sunda. Selain itu pangsi sering dipakai pada acara-acara kedaerahan Sunda dalam suatu pesta hajatan atau syukuran. Sebenarnya pangsi adalah bagian bawahan atau selana sedangkan bagian atasnya (baju) disebut salontreng.
  5. Peci adalah penutup kepala yang umumnya berwarna hitam, namun seiring perkembangan zaman, warna peci kini berrmacam-macam. Istilah lain dari peci adalah songkok, kopya, kopeah, dan kopiah. Peci dikenal sebagai pakaian khas bangsa Indonesia yang sering digunakan oleh dalam acara-acara kedaerahan, rapat kenegaraan, dan acara resmi lainnya. Para pejabat anggota dewan, para menteri, dan presiden pun sering mengenakan peci sebagai pakaian resmi kepegawaian. Umumnya peci sering digunakan kaum pria ketika melaksanakan ibadah shalat, pengajian, ataupun saat ibadah Jum'at dan hari raya besar.
  6. Salontreng adalah bagian atas (baju) yang biasa disebut setelan baju pangsi, sedangkan bagian bawahnya (celana) adalah pangsi. Namun kebanyakan orang sudah biasa menyebutnya baju pangsi atau setelan pangsi untuk keduanya sekaligus.
  7. Carung adalah kependekan dari calana sarung (celana sarung). Deainnya mirip pangsi namun bagian depannya ada kain penutup seperti sarung. Ada beberapa jenis carung yang kami buat diantaranya carung tutup satu, carung tutup dua, dan carung kombinasi.
  8. Jasko adalah kependekan dari Jas Koko yaitu pakaian Sunda mirip setelan jas resmi pria yang memiliki puring bagian dalamnya dan kerahnya seperti baju koko. Jasko yang kami produski adalah jasko lukis dengan tema kasundaan seperti lukisan harimau, batik dan ornamen Sunda, Kujang, dan kata-kata Sunda.
Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai produk-produk yang dijual di blog Iket Sunda. Insya Allah ke depan akan ditambah produk lainnya seperti pakaian anak, tas anak, dan kerajinan tangan lainnya seperti kalung nama, gantungan kunci, kalung dog tag, plakat, name tag, army tag, dan aksesoris lainnya.
 
About Us | Disclaimer | TOS and Privacy | Contact
© 2016 Iket Sunda - Powered by Blogger